Skip to main content

android raup 79% pangsa pasar dunia

Dari data yang dihimpun IDC, Android begitu dominan dan stabil, sementara pertumbuhan iOS melambat dan BlackBerry turun lebih parah, dan Windows Phone mengalami penaikan kecil.

Pangsa pasar smartphone naik hingga 50% dari tahun ke tahun dengan pengiriman 236.4 juta perangkat sampai akhir Juni 2013 lalu. Dalam periode itu hanya Android dan Windows Phone yang stabil dan mengalami peningkatan pasar.

Ada 187,4 juta unit smartphone Android yang dikirimkan di kuartal terakhir, iOS tetap di tempat kedua dengan pengiriman 31,2 juta unit namun pangsa pasarnya diketahui menurun dari 16,6% pada tahun lalu dan kini hanya 13,2%.

"Penurunan iOS di kuartal kedua sejalan dengan siklus iPhone. Tanpa peluncuran produk baru sejak debut iPhone 5 setahun silam, pangsa pasar Apple rentan terhadap peluncuran produk dari pesaingnya," ungkap manajer penelitian iDC, Ramon Llamas, seperti dikutip IBTimes.

Menurutnya, produk terbaru Apple yang akan keluar dalam waktu dekat bakal kembali memantapkan posisi Apple.

Di posisi ketiga, diperkirakan ada 8,7 juta smartphone berbasis Windows Phone yang dikirimkan di kuartal kedua dengan pangsa pasar kini mencapai 3,7%.

Sementara itu, BlackBerry kembali mengkhawatirkan dengan pangsa pasar yang terjun bebas dari 4.9% pada tahun lalu menjadi hanya 2,9% hingga saat ini meskipun ada sekitar tiga produk baru yang diluncurkan sejak Januari.

Dari empat peringkat teratas, hanya BlackBerry yang mengalami penurunan pengiriman produk, bahkan turun hampir 12%.

Sementara dari semua produsen Android, Samsung tetap mendominasi posisi teratas pengiriman perangkat, yang disusul LG, Lenovo, Huawei dan ZTE.

Comments