Skip to main content

cara menentukan titik fokus parabola

Setting LNB pada titik fokus antenna (Dish) Parabola sangat menentukan kualitas signal yang masuk ke Receiver (Digital) anda. Salah setting kedalaman LNB pada bracketnya maka dapat mengakibatkan penerimaan yang jelek. Saya ingin berbagi pengalaman pribadi (saat menyaksikan pembuatan/perbaikan dish antenna).
Suatu hari tanpa disenganja saya "nyasar" ke lokasi perakitan parabola yang lumayan besar tempatnya (boleh dikata itulah pabriknya).. Kebetulan saya berada di Pontianak.
Singkat cerita kesempatan buat bertanya ini dan itu ke perakit dan ke si pemilik Pabrik saya manfaatkan sebaik baiknya.
Hingga akhirnya sampai ke tahap penyetelan posisi kedalaman LNB (titik fokus vertikal) saat saya amati ada beberapa antenna hasil komplain pembeli yang gagal penerimaan. Ternyata Dish yang biasa kita beli di pasar belum tentu dirumah dapat kita pasang dengan instan namun harus disetting ulang untuk menentukan posisi LNB pada titik fokus vertikal pada bracket LNB.
Ada 2 (dua) bahkan lebih hal hal yang perlu dilakukan pada saat setting dish parabola tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Penyetelan posisi tegak lurus tiang antenna/ pondasi.
2. Penyetelan Posisi Azimuth (Utara Selatan) untuk pengguna diluar area Garis Khatulistiwa.
3. Arah titik 0 LNB ke Barat-Timur bumi sesuai Orbit satelit.
4. Penyetelan Posisi letak LNB pada titik fokus vertikal.
Nah untuk yang nomer 1,2,3 tentu anda sudah mendapatkan informasinya di artikel saya yang terdahulu namun untuk penyetelan Titik Fokus vetikal LNB  akan saya jelaskan lebih dalam disini.
Caranya :
Apabila receiver anda sulit menerima beberapa kanal terdekat misalnya Telkom1 atau PalapaD, yaitu beberapa kanal tv belum dapat diterima, maka kemungkinan besar terjadi kesalahan letak LNB coba cara ini :
Perhatikan Letak LNB anda pada dudukan (Bracket) nya, Anda mungkin terlalu dalam menentukan posisi LNB (f1 dan F2 pada gambar dibawah) atau mungkin juga terlalu tinggi sehingga tidak tepat ke titik fokus  disarankan untuk melakukan penyetelan ulang atau berulang-ulang di bagian ini dengan menggeser geser (keluar masuk ) posisi LNB (f1 dan F1) tersebut ke arahatas atau ke bawah secara perlahan, Namun titik 0 LNB kearah barat atau timur usahakan tidak berubah.
JARAK FOKUS LNB
Itu sedikit sharing saya atas pengalaman pribadi,semoga bermanfaat..

Comments